[Info] Cara Menciptakan Jantung yang Sehat
#1
Assalamualaikum
numpang share :-bd

Selain otak, jantung tergolong vital. Ia identik dengan karburator mesin mobil kita. Roda mobil masih bagus, tapi karburatornya rusak, mobil mogok juga. Akan sia-sia saja kita membentuk tubuh berotot, punya sekian pack di perut kalau jantung bermasalah. Bahwa memiliki jantung yang sehat itu diciptakan, bukan diterima apa adanya. Bagaimana caranya kita bahas di sini.
GAYA hidup orang modern cenderung melawan kodratnya. Bahwa sejatinya tubuh kita butuh bergerak setiap saat, bukan cuma duduk (sedentary life style). Oleh karena keliru memilih gaya hidup itulah maka gemuk kini menjadi wabah di dunia, selain penyakit jantung menduduki peringkat atas.
Cardiofriendly
Jantung menjadi sehat kalau tubuh banyak bergerak. Kalau badan bergerak, degup jantung meningkat. Jantung memompa darah lebih keras, lama-lama otot jantung bertambah tebal. Otot jantung yang lebih tebal, lebih efisien memompa darah.
Kerja jantung yang efisien mengurangi kekerapan degup jantung. Lebih sedikit degupnya namun curah jantungnya memadai mencukupi kebutuhan darah sekujur tubuh. Seperti itu jantung para atlet. Makin sedikit hitungan degup per menitnya tanpa keluhan, makin sehat jantungnya.
Memiliki otot jantung yang kuat dan tebal dimulai sejak usia kanak-kanak. Biarkan anak lebih sering berlari, bermain yang banyak menggerakkan tubuhnya, selain berolahraga. Dengan begitu, otot jantungnya terbentuk lebih kuat.
Otot jantung yang terbentuk lebih kuat akan terbiasa mengatasi beban kerja fisik. Termasuk apabila tekanan darah cenderung meninggi. Kita tahu beban jantung diperberat oleh hipertensi. Pada ketika jantung sudah tak mampu berkompensasi dengan tugas memompa yang lebih kuat akibat beban hipertensi, jantung akan melemah. Pada ketika itu terjadi payah jantung (decompensatio cordis).
Tidak demikian bila otot jantung sejak awal sudah dibentuk lebih kuat. Toleransi otot jantung memikul beban kerja yang lebih berat oleh beban hipertensi, dibanding jantung yang tak terlatih sejak kecil, lebih mampu berkompensasi untuk tidak menjadi payah jantung.
Bukan sekadar cari keringat
Berolahraga atau bergerak badan tujuannya bukan sekadar cari keringat, melainkan apakah aerobic sudah tercapai. Artinya berapa degup jantung sudah kita raih selama beraktivitas fisik, tak soal apakah sudah berkeringat ataukah belum. Berkeringat saja bukan ukuran. Hanya apabila degup jantung sudah mencapai zona aerobic saja, aktivitas fisik kita bermanfaat bagi jantung.
Zona aerobic tercapai apabila degup jantung meraih jumlah degup sesuai dengan umur. Kita menghitungnya dengan formula 60-80% dari (220 – umur). Terendah 60 persen sudah tercapai, kita sudah memasuki zona aerobic. Yang bermur 50 tahun zona arobic tercapai bila degup jantung sudah teraih 60% dari (220-50) atau 102 degup per menit.
Selain aktivitas fisik, semua yang merongrong jantung harus dicegah. Lipid (lemak dalam darah) tidak boleh dibiarkan tinggi, selain hipertensi, dan diabetik wajib dijinakkan. Termasuk infeksi katup jantung (infeksi tenggorokan khusus oleh kuman beta streptococcus haemolyticus), serta kelainan jantung bawaan perlu tercegah. Ibu hamil perlu memastikan bebas dari toxoplasmosis, campak jerman, cytomegalo virus, dan herpes (TORCH) agar janinnya tidak berisiko kelainan jantung.
Organ jantung seperti organ tubuh lain butuh kecukupan nutrisi. Menu harus serba lengkap agar 45 jenis zat gizi yang tubuh butuhkan tercukupi, sehingga kerja jantung bisa optimal.
Vitamin dan mineral bagi jantung terutama vitamin B group, selain mineral selenium, kalium, kalsium, magnesium dan mangan, serta Q10. Kacang-kacangan, aneka sayur mayur, serta umbi-umbian, asupan sumber nutrisi alami agar sehat jantung kita.
Salam sehat,
Dr HANDRAWAN NADESUL
ada kodok teroret teroret dipinggir kali terorret teroret mencari makan teroret teroret setiap pagi teroret teroret

visit: http://warungiso.blogspot.com/

I was not smart or special but I was unix

#2
mantap pak, saran. antara baris baru di kasih enter aja pak.biar enak di baca. btw +1 dari ane
[shcode=This_site_xss-ed]

#3
waaaahh sangat bermanfaat niihh paak.. jangan sampai kita kurang bergerak akibat seharian d depan lepi..

#4
ahha thx @koecroet +1 nya, editin dong Big Grin
bener om @C.S$ minimal ada pergerakan sedikit lah dan ada waktu buat olah raga ringan
ada kodok teroret teroret dipinggir kali terorret teroret mencari makan teroret teroret setiap pagi teroret teroret

visit: http://warungiso.blogspot.com/

I was not smart or special but I was unix

#5
Yes, makasih dok atas solusinya. Kalo solusi naikin trafik blog gimana ya dok Big Grin
maaf lagi OOT Tongue
Quote:~ Tan Hana Wighna Tan Sirna ~

#6
super infonya om..... &
moga2 jantung ane nggak galau,... Big Grin
5forA

#7
thanks bro infonya hehehe.......






Users browsing this thread: 1 Guest(s)