[Share] Mekanisme Bersin
#1
Asslamualaikum
numpang share ye Big Grin:

sesuai judul, mekanisme bersin
sebelumnya bersin itu adalah respon tubuh yang dilakukan oleh membran hidung ketika mendeteksi adanya bakteri, benda asing, dan kelebihan cairan yang masuk ke dalam hidung, sehingga secara otomatis tubuh akan menolak itu.

peyebab bersin menurut ane yah:
benda asing, bisa itu debu, kotoran, bulu hidung, udara atau juga bisa kerna alergi udara juga, bakteri pun bisa
nah mekanisme nya bagaimana?

Mekanisme refleks bersin sama halnya dengan refleks batuk. Hanya saja, refleks ini terjadi pada kavitas nasal bukan pada saluran napas bawah. Mekanisme refleks sebagai berikut: bronkus dan trakea sedemikian sensitifnya terhadap sentuhan halus, sehingga benda asing dalam jumlah berapa pun atau penyebab iritasi lainnya akan menimbulkan refleks batuk. Laring dan karina (tempat di mana trakea bercabang menjadi bronkus) adalah yang paling sensitif, dan bronkiolus terminalis dan bahkan alveoli bersifat sensitif terhadap rangsangan bahan kimia yang korosif seperti sulfur dioksida dan klorin.
Impuls aferen yang berasal dari saluran napas terutama berjalan melalui nervus vagus ke medula. Di sana, suatu rangkaian peristiwa otomatis digerakkan oleh lintasan neuronal medula, menyebabkan efek sebagai berikut: pertama, kira-kira 2,5 liter udara diinspirasi. Kedua, epiglotis menutup; dan pita suara menutup erat-erat dan menjerat udara dalam paru. Ketiga, otot-otot perut berkontraksi dengan kuat mendorong diafragma, sedangkan otot-otot ekspirasi lainnya, seperti interkostalis internus, juga berkontraksi dengan kuat. Keempat, pita suara dengan epiglotis terbuka lebar, sehingga udara bertekanan tinggi dalam paru meledak keluar. Kemudian, penekanan kuat pada paru yang menyebabkan bronkus dan trakea menjadi kolaps sehingga bagian yang tidak berkartilago ini berinvaginasi ke dalam, akibatnya udara yang meledak tersebut benar-benar mengalir melalui celah-celah bronkus dan trakea bersama partikel asing. Peristiwa ini terjadi sama persis dengan refleks batuk, namun ketika refleks bersin terjadi penekanan uvula, sehingga sejumlah besar udara dengan cepat melalui hidung, dengan demikian membantu membersihkan saluran hidung dari benda asing.

lebih singkat nya liat gambar ini Tongue
Spoiler! :
[Image: batuk3.jpg]

nah gitu aja share nya moga bermanfaat
diskusi boleh sambil kita belajar \m/\m/:-bd:-bd
ada kodok teroret teroret dipinggir kali terorret teroret mencari makan teroret teroret setiap pagi teroret teroret

visit: http://warungiso.blogspot.com/

I was not smart or special but I was unix

#2
kalo ane aneh banget,, kadang2 pas bersin keluar suaranya kaya batuk gitu,, apa itu tanda2 ada sistem tubuh ane yang rusak , apa emang semua orang kaya gitu bang?
" In the DARK, I can SEE you "

#3
(05-02-2014, 09:28 PM)Rvz_Venom Wrote: kalo ane aneh banget,, kadang2 pas bersin keluar suaranya kaya batuk gitu,, apa itu tanda2 ada sistem tubuh ane yang rusak , apa emang semua orang kaya gitu bang?

iya terkadadang jg gtu kok, g aneh kok
ada kodok teroret teroret dipinggir kali terorret teroret mencari makan teroret teroret setiap pagi teroret teroret

visit: http://warungiso.blogspot.com/

I was not smart or special but I was unix

#4
wah, jadi lega , kirain ada masalah di hidung ane
" In the DARK, I can SEE you "






Users browsing this thread: 1 Guest(s)